Berfikir Seperti Seorang Ekonom

Berfikir Seperti Seorang Ekonom
  • para ekonom mencoba mengkelskan subjek mereka dengan objektivitas seorang ilmuwan. seperti semua ilmuan mereka membuat asumsi-asumsi yang tepat dan membangun model-model yang disederhanakan dalam rangka memahami dunia disekeliling mereka.dua model sederhana perekonomian adalah diagram aliran sirkuler dan batas kemungkinan-kemungkinan produksi.
  • bidang ekonomidibagi menjadi dua sub bidang,yaitu ekonomi mikro dan ekonomi makro.ekonomi mikro mempelajari pembuatan keputusan oleh rumah tangga,perusahaan dan interaksi antara keduanyad dipasar.ekonomi makro mempeljari kekuatan-kekuatan dan kecenderungan-kecenderungan yang mempengaruhi perekonomian secara keseluruhan.
  • pernyataan positif merupakan pernyataan mengenai bagai mana dunia seharusnya. pernyataan normatif merupakan pernyataan mengenai bagai mana dunia seharusnya.ketika para ekonom membuat pernyataan normatif,mereka sedang bertindak lebih sebagai penasehat kebijakan dibnding sebagai ilmuan.
  • para ekonom sebagai penasehat bagi para pembuat kebijakan memberi saran-saran yang saling bertentangan,mungkin karena perbedaan-perbedaan nilai. pada saat yang lain,para ekonom bisa sepaham dalam saran yang mereka kemukakan. namun para pembuat kebijakan mungkin memilih untuk mengembalikannya.

0 comments: