Biaya-biaya Pajak

Biaya-biaya Pajak
  • pajak yang dikenakan pada barang mengurangi kesejahteraan para pembeli dan para penjual barang,dan penurunan-penurunan surplus konsumen dan produsen biasanya lebih besar dan pada pendapatan yang diperoleh pemerintah ,penurunan surplus total junplah surplus konsumen,surplus produsen ,dan pendapatan pemerintah dan pajak disebut kerugian beban baku akibat pajak.
  • pajak menimbulkan kerugian beban baku karena pajak menyebabkan konsumsi pembeli lebih sedikit danproduksi penjual lebih sedikit,dan perubahan pada perilaku ini menyusutkan ukuran pasar dibawah tingkat yang memaksimumkan surplus total.karena elastisitas penawaran dan permintaan mengukur seberapa banyak para peserta pasar menanggapi kondisi-kondisi pasar ,maka semakin besar elastisitas berarti kerugian beban bakunya lebih besar.
  • ketika tarif pajak meningkat,gangguan pada insentif akan lebih terasa, dan kerugian beban bakunya semakin besar,pendapatan pemerintah dan pajak pada awalnya meningkat dengan meningkatnya tarif pajak. akan tetapi,semakin besar mengurangi pendapatan pemerintah karena pajak memperkecil ukuran pasar.

0 comments: